English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

26 Jan 2014

20 Film Terlaris Dunia Tahun 2013 (Bagian 1)

Tahun 2013 baru saja berakhir, saatnya melihat kembali film-film apa saja yang paling berhasil menarik penonton di dunia untuk pergi ke bioskop sepanjang tahun kemarin. Dari segi pilihan tontonan, 2013 masih belum beranjak dari tren sekuel dan adaptasi komik atau novel terkenal, khususnya dari Hollywood. Namun, memang terbukti bahwa film-film semacam inilah yang memberi laba besar dalam pemutarannya di bioskop.

Berikut ini adalah 20 film terlaris di dunia sepanjang tahun 2013 berdasarkan data dari Box Office Mojo, dalam urutan mundur.

20. THE GREAT GATSBY
Dibintangi dua aktor bersahabat dekat, Leonardo DiCaprio dan Tobey Maguire, film glamor berformat 3D ini berhasil memperoleh pendapatan 348,8 juta dolar AS, menjadikannya film karya sutradara Baz Luhrmann terlaris, di atas Romeo + Juliet dan Moulin Rouge!. Selain di AS, pendapatan terbesar The Great Gatsby didapat di Australia.




19. THE HANGOVER PART III


Meski tak sebesar dua seri sebelumnya, The Hangover Part III tetap berhasil mengumpulkan pendapat yang cukup untuk menempatkannya di 20 besar film terlaris di dunia. Masih dibintangi Bradley Cooper dan Zach Galafianakis, film ini meraup 351 juta dolar AS.




18. NOW YOU SEE ME


Now You See Me adalah kuda hitam di musim liburan pertengahan tahun 2013. Perlahan tapi pasti, film tentang dunia sulap ini berhasil meraup 351,7 juta dolar AS di seluruh dunia, dengan pendapatan terbesar selain di AS, diperoleh di Prancis.




17. G.I. JOE: RETALIATION


Meskipun sempat tertunda penayangannya dari 2012 jadi 2013, penambahan aktor Dwayne “The Rock” Johnson dan Bruce Willis rupanya membawa dampak baik bagi film adaptasi mainan perang-perangan ini. Film ini berhasil meraup 375,7 juta dolar AS di seluruh dunia, lebih besar dari film pendahulunya G.I. Joe: Rise of the Cobra




16. PACIFIC RIM


Hasil pendapatan film ini rupanya tak sebesar harapan, terlebih di AS yang hanya berhasil meraup 101 juta dolar AS, dari modal produksinya yang mencapai 190 juta dolar. Akan tetapi, Pacific Rim terbukti sukses di luar AS. Total pendapatan film ini mencapai 407,6 juta dolar AS, dengan sumbangan pendapatan terbesar datang dari Cina dengan total 111,9 juta dolar AS.




15. THE WOLVERINE
Aksi Hugh Jackman sebagai mutan sangar Wolverine masih dapat menarik minat penonton dunia. Film solo Wolverine kedua setelah X-Men Origins: Wolverine ini meraup 414,8 juta dolar AS di seluruh dunia.




14. STAR TREK INTO DARKNESS


Sambutan terhadap film ini masih sama baiknya dengan film sebelumnya, Star Trek di tahun 2009. Dengan raihan pendapatan 467,4 juta dolar ASStar Trek Into Darkness menjadi film franchise Star Trek terlaris di seluruh dunia. 




13. OZ THE GREAT AND POWERFUL


Karya terbaru sutradara Sam Raimi ini sukses menjadi film box office terbesar di kuartal pertama 2013 dengan angka pendapatan yang fantastis. Sebanyak 493,3 juta dolar AS diraup oleh kisah prekuel film klasik The Wizard of Oz ini dalam penayangannya di seluruh dunia. 




12. FROZEN


Baru dirilis di akhir November 2013, film animasi terbaru Disney berhasil meraup pendapatan  yang besar, baik di AS maupun di negara-negara lain. Sampai 31 Desember 2013, Frozen berhasil meraup 539,1 juta dolar AS di seluruh dunia. Jumlah ini masih bisa bertambah karena film ini masih beredar di bioskop-bioskop AS hingga sekarang, dan masih baru akan beredar di beberapa negara.




11. WORLD WAR Z


Film yang pembuatannya mengalami banyak masalah berkepanjangan ini ternyata dapat menepis berbagai keraguan akan kesuksesannya. Film horror sci-fi yang dibintangi Brad Pitt ini meraup 540 juta dolar di seluruh dunia, sehingga memungkinkan dibuatnya sekuel pada masa yang akan datang.




Lanjutannya ada Disini.

No comments:

Post a Comment