English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

1 Apr 2013

TURUNNYA NABI ISA

Nabi Isa adalah salah satu nabi penting dalam agama Islam dan merupakan salah satu dari nabi Ulul Azmi.Dalam Al-Qur`an,ia disebut Isa bin Maryam atau Isa Al-Masih.Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 29 M dan ditugaskan berdakwah kepada umat Bani Israil.


KEMUNCULAN NABI ISA DI AKHIR ZAMAN :

    Kedatangan Isa akan didahului oleh kondisi dunia yang dipenuhi kedzaliman,kesengsaraan & peperangan besar yang melibatkan seluruh penduduk dunia,setelah itu kemunculan Imam Mahdi yang akan menyelamatkan kaum muslimin,kemudian kemunculan Dajjal yang akan berusaha membunuh Imam Mahdi,setelah Dajjal menyebarkan fitnahnya selama 40 hari,maka Isa akan diturunkan dari langit untuk menumpas Dajjal.
    Hal pertama yang dilakukan Isa setelah turun dari langit adalah menunaikan shalat dengan menjadi makmum dalam shalat yang diimami oleh Imam Mahdi.
    Nabi Isa akan turun di suatu daerah yang bernama Damsyik /Damaskus.
  • Rasulullah SAW bersabda :
"Isa bin Maryam akan turun di 'Menara Putih' (Al Mannaratul Baidha`) di Timur Damsyik."
 

    Ciri kedatangan Nabi Isa yaitu :
Pertama, Nabi Isa akan turun di Menara Putih,yakni Masjid Bani Umayyah di Damaskus Timur.
Kedua, Isa akan membunuh Dajjal.
Ketiga, Isa akan bertemu dengan Ya`juz dan Ma`juz,dan semua tokoh jahat dan pengikutnya itu akan tewas.
Keempat, Isa akan mendakwahkan agama Tauhid seperti yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW maupun nabi-nabi sebelumnya.
Kelima, Isa akan melakukan haji dan umrah.
Keenam, Isa datang,dunia akan penuh keberkahan.
Ketujuh, setelah Isa datang,selama 7 tahun kondisi dunia sangat aman.

CIRI-CIRI NABI ISA :

    Ciri-ciri Nabi Isa telah disebutkan oleh Rasulullah SAW di hadits berikut ini,
  • Rasulullah SAW bersabda :

"Tidak ada seorang nabi pun antara aku dan Isa dan sesungguhnya ia benar-benar akan turun (dari langit),apabila kamu telah melihatnya,maka ketauhilah: bahwa ia adalah seorang laki-laki berperawakan tubuh sedang,berkulit putih kemerah-merahan.Ia akan turun dengan memakai dua lapis pakaian yang dicelup dengan warna merah,kepalanya seakan-akan meneteskan air walaupun ia tidak basah."

TUGAS NABI ISA DI AKHIR ZAMAN :

    Tugas Nabi Isa yang paling pokok ada 5,yaitu :
1.Menghancurkan salib,sehingga tidak ada lagi salib di dunia ini.
2.Membunuh babi.
3.Membebaskan umat manusia dari Hukum Jizyah (Pajak/Upeti).
4.Menyeru kepada Islam,sehingga semua keyakinan di dunia ini ada di bawah Islam.
5.Membunuh ad-Dajjal.

MASA HIDUP NABI ISA DI BUMI :

    Masa tinggal Isa di bumi setelah turun dari langit menurut suatu hadits adalah selama 7 tahun,dan menurut hadits yang lain lagi selama 40 tahun.
  • Rasulullah SAW bersabda :

"Lalu Allah mengutus Isa bin Maryam seperti Urwah bin Mas`ud,ia mencari Dajjal dan membunuhnya.Setelah itu selama tujuh tahun,manusia tinggal dan tidak ada permusuhan di antara dua orang pun...."(H.R.Muslim)
  • Rasulullah SAW bersabda :

"Pada masa beliau,Allah akan membinasakan semua agama selain Islam,Isa akan membunuh Dajjal,dan beliau akan tinggal di muka bumi selama empat puluh tahun.Setelah itu ia meninggal dan kaum Muslimin menshalatinya."(H.R.Abu Dawud dan Ahmad)

NABI ISA MEMUSNAHKAN YA`JUJ DAN MA`JUJ :

    Dikisahkan,fitnah dan kejahatan mereka (Ya`juj dan Ma`juj) sangat besar dan menyeluruh,tiada seorang manusia pun yang dapat mengatasinya,jumlah mereka pun sangat banyak sehingga kaum Muslimin akan menyalakan api selama 7 tahun untuk berlindung dari penyerangan mereka,para pemanah dan perisai mereka.
    Maka saat mereka telah keluar (dari dinding tembaga yang mengurung mereka sejak zaman nabi Zulkarnain) maka Allah SWT berkata pada Isa bin Maryam: "Sesungguhnya Aku telah mengeluarkan hamba-hamba (Ya`juj dan Ma`juj) yang tidak mampu diperangi oleh siapapun,maka hendaklah kamu mengasingkan hamba-hambaKu ke Thur (Thursina)."
    Dan di Thur terkepunglah Nabiallah Isa beserta para sahabatnya,sehingga kemudian Nabiallah Isa berdoa kepada Allah SWT agar Ya`juj dan Ma`juj dapat dikalahkan.Akhirnya doa itu dikabulkan oleh Allah SWT.Setelah itu Nabi Isa dan para sahabatnya tidak menemukan sejengkal pun dari tanah di bumi kecuali ia dipenuhi oleh bau anyir dan busuk mereka.Kemudian Isa meminta kelapangan kepada Allah SWT,maka Allah SWT mengutus seekor burung yang akan membawa mereka (Ya`juj dan Ma`juj) kemudian menurunkan mereka sesuai dengan kehendak Allah SWT,kemudian Allah SWT menurunkan air hujan yang membasahi bumi sehingga menjadi seperti sumur yang penuh.

HIKMAH TURUNNYA NABI ISA DI AKHIR ZAMAN :

Pertama: Sebagai bantahan bagi Yahudi yang mengklaim bahwa mereka telah membunuh Isa bin Maryam.Sungguh Allah SWT akan mengungkap kedustaan mereka.Isa nantinya yang akan membunuh mereka dan membunuh pemimpin mereka,yaitu Dajjal.

Kedua: Nabi Isa akan wafat dan dikubur di dalam tanah.Nabi Isa adalah manusia juga yang berasal dari anak-cucu Nabi Adam.

Ketiga: Turunnya Nabi Isa akan membantah orang-orang Nasrani yang mengatakan bahwa Nabi Isa sudah berkorban menjadi penebus dosa dan rela mati untuk membalas dosa para umatnya.

Keempat: Turunnya Isa dari langit semakin dekat dengan ajal beliau.Beliau pun akan dimakamkan di muka bumi.Oleh karena itu,ini menunjukan bahwa tidak ada makhluk yang terbuat dari tanah yang mati di tempat lain selain bumi.

Kelima: Turunnya Nabi Isa adalah untuk membinasakan berbagai agama di muka bumi ini,kecuali satu agama saja yang tersisa yaitu Islam.

KEJADIAN SETELAH NABI ISA WAFAT :

    Setelah Dajjal mati,Nabi Isa dan umat Muslim akan mengalami masa keemasan,tetapi tidak lama setelah Nabi Isa dan Imam Mahdi meninggal,terbitlah matahari dari barat dan binatang melata yang keluar dari perut bumi yang memberikan tanda kufur dan iman atas setiap manusia.Ketika itu setiap Mukmin segera mengetahui bahwa itulah detik-detik sebelum terjadinya kiamat kubro.Lalu berhembuslah angin sejuk yang akan mengambil seuruh nyawa manusia yang beriman.
  • Rasulullah SAW bersabda :

"....Kemudian Allah mengirim angin sejuk dari arah Syam lalu tidak tersisa seorang yang di hatinya ada kebaikan atau keimanan seberat biji sawi pun yang tersisa kecuali mencabut nyawanya."(H.R.Muslim)
    Setelah itu,tidak ada lagi seorang pun manusia yang masih memiliki keimanan kecuali akan menemui ajalnya.Ketika seluruh umat manusia tidak lagi menyebut nama Allah,itulah kondisi seburuk-buruknya manusia,dan kepada merekalah kiamat akan terjadi.


Itulah kisah di balik turunnya Nabi Isa di akhir zaman.Kita sebagai umat Muslim yang beriman harus percaya dengan kedatangannya nanti di akhir zaman.Jangan seperti kaum Yahudi yang tidak percaya akan kedatangannya.
"PEGANG ERAT IMAN KITA,JANGAN SAMPAI LENGAH !!!"



No comments:

Post a Comment